Pengertian penyakit Kelenjar Getah Bening, Gejala, Penyebab, Tips Mencegah dan Cara Mengobati Secara Alami Dengan Ramuan Jamu Herbal.

Wednesday, March 6, 2019

6 Faktor Risiko Penyebab Kanker Getah Bening

Di dalam tubuh kita setidaknya terdapat 600 kelenjar getah bening yang tersebar di daerah-daerah di dalam tubuh. Kelenjar getah bening pada umumnya terletak di bawah rahang (sub-mandibular), belakang telinga, lipat paha atau selangkangan, dan daerah lainnya. Kelenjar getah bening mempunyai fungsi membantu sistem pertahanan tubuh dalam memroduksi leukosit, yang menjadi faktor penentu mekanisme daya tahan tubuh.

6 Faktor Risiko Penyebab Kanker Getah Bening


Jika kelenjar getah bening berubah atau berpotensi menjadi Kanker, menyebabkan sel limfosit ( sejenis sel darah putih ) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas bisa tumbuh di berbagai organ dalam tubuh seperti kelenjar getah bening, sum-sum tulang, limpa, darah ataupun organ lainnya. Karena pertumbuhan sel yang abnormal, menyebabkan adanya benjolan di berbagai titik tubuh yang terdapat posisi kelenjar getah bening. Akibatnya, mekanisme daya tahan tubuh menjadi terganggu.

6 Faktor Risiko Penyebab Kanker Getah Bening.

  • Faktor genetika.
Faktor genetika diduga memiliki potensi membuat seseorang mengidap kanker getah bening. Hal ini dikarenakan hampir semua kanker berpotensi untuk diturunkan ke generasi berikutnya. Apalagi jika kamu menerapkan gaya hidup yang kurang sehat.
  • Infeksi virus.
Terdapat 2 infeksi virus yang bisa menjadi pencetus penyakit getah bening, yaitu Virus Cytomegalovirus (CMV) dan Virus Eppstein-Barr Virus (EBV).
  • Masalah sistem kekebalan tubuh.
Penyebab kanker getah bening bisa terjadi dikarenakan adanya masalah sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh Anda melemah akibat kondisi medis, seperti kelainan bawaan sistem kekebalan tubuh dan mengidap HIV/AIDS atau menggunakan obat imunosupresan.
  • Pola makan.
Pola makan menjadi salah satu penyebab kanker getah bening. Pola makan yang berbahaya adalah apabila Anda sering mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat karsinogenik yang memicu radikal bebas. Biasanya zat semacam ini diperoleh dari makanan yang diproses dengan cara dibakar hingga hangus kehitaman.
  • Gaya hidup.
Penyebab kanker getah bening juga dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti kurang seimbangnya waktu aktivitas serta kebutuhan istirahat Anda, kebiasaan merokok dikarenakan terdapat banyak zat karsinogenik yang berpotensi memunculkan kanker dari rokok.
  • Pengaruh dari pengobatan Kanker sebelumnya.
Jika Anda sebelumnya pernah melakukan pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radioterapi untuk penyakit kanker sebelumnya, maka patut waspada karena ada kemungkinan bisa memicu munculnya risiko berkembangnya limfoma yang disebabkan kerusakan karena pengobatan kanker dengan gen dari limfosit.

Jadi bagi Anda sebisa mungkin harus bisa menghindari faktor pencetus kanker getah bening dengan melakukan pemeriksaan rutin untuk kondisi kesehatan ke dokter agar bisa mendeteksi sedini mungkin. Karena semakin awal Kanker ditemukan, semakin cepat juga penanganan dan pengobatan yang dilakukan.

Itu saja, semoga artikel diatas mengenai Faktor Risiko Penyebab Kanker Getah Bening bermanfaat untuk Anda. Salam sehat :)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top