Pengertian penyakit Kelenjar Getah Bening, Gejala, Penyebab, Tips Mencegah dan Cara Mengobati Secara Alami Dengan Ramuan Jamu Herbal.

Tuesday, February 26, 2019

Tanda-tanda Tiroid Anda Sedang Bermasalah

Tanda-tanda Tiroid,- by https://artharbour-gaia.blogspot.com,- Tubuh manusia serupa dengan mesin, jika ada satu bagian yang tidak bekerja dengan baik maka akan mempengaruhi kinerja bagian tubuh yang lainnya. Termasuk pada kelenjar Tiroid. Kelenjar Tiroid yang berada di leher kita berfungsi untuk mengatur metabolisme, serta fungsi tubuh dimulai dari bernafas, mengatur suhu badan, mengatur siklus menstruasi dan masih banyak lagi.

Sayangnya tidak semua orang sadar bahwa ketika kelenjar ini bekerja dan mulai bermasalah, yang akan terjadi adalah masalah perubahan pada hormon tiroid atau Hipotiroidisme atau bahkan Hipertiroidisme. Hal tersebut baru diketahui ketika tubuh mulai merasakan tanda-tanda adanya perubahan pada kulit, mata, tangan, kaki dan bagian tubuh mana saja.

Tanda-tanda Tiroid Anda Sedang Bermasalah

Tahukah Anda bahwa simptom penyakit Kelenjar Tiroid bisa memiliki ratusan penyakit lain. Berdasarkan data dari American Thyroid Association, penyakit kelenjar Tiroid setidaknya terjadi pada 1 dari delapan wanita. Simptom pada umumnya memang berbeda pada setiap individu dan bisa muncul secara perlahan-lahan sehingga tidak bisa terdeteksi dari awal. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu waspada dan segera melakukan tindakan jika merasakan salah satu simptom seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Dan simptom atau tanda-tanda ketika Tiroid Anda menunjukkan masalah / gangguan tertentu, antara lain :


  • Mata bengkak dan berair.
Mata kering dan teriritasi bisa jadi gejala Hipertiroidisme maupun Hipotiroidisme. Kondisi mata yang membengkak serta menonjol dapat menjadi tanda penyakit Graves. Graves merupakan kelainan autoimun yang menyebabkan Hipertiroidisme. Penyakit Graves juga dapat menyebabkan penglihatan ganda dan pembengkakan.

  • Otot lemas.
Baik Hipotiroidisme dan Hipertiroidisme, keduanya bisa menyebabkan otot terasa pegal, lemah, atau kaku. Akan tetapi, karena gejala Tiroid sering berkembang lambat, banyak orang tidak segera merasakan nyeri atau kelemahan otot, atau mengabaikannya sebagai rasa sakit yang khas yang berasal dari penuaan.

  • Leher membengkak.
Jika leher Anda membengkak, itu mungkin disebabkan oleh penyakit gondok. Pada dasarnya gondok merupakan istilah untuk kelenjar Tiroid yang menjadi besar dengan tidak normal. Periksalah ke dokter jika leher Anda terlihat bengkak.

  • Kaki dan pergelangan kaki yang membengkak.
Karena Hipotiroidisme menyebabkan proses tubuh melambat. Hipotiroidisme juga dapat menyebabkan retensi air, yang biasanya akan muncul di tubuh bagian bawah seperti pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan kaki karena gravitasi.

  • Rambut menipis.
Tanda penyakit Tiroid dan gejalanya seringkali muncul pertama kali di kulit, kuku dan rambut. Hipotiroidisme dan Hipertiroidisme sama-sama dapat menyebabkan rambut menipis. Alis termasuk bagian yang paling parah. Selain itu pada rambut kaki, lengan, dan area lainnya menjadi kasar, kering  dan mudah patah.

  • Berat badan berubah drastis.
Dengan Hipotiroidisme, tubuh jadi melambat, yang berarti berat badan bisa naik. Sedangkan jika menderita Hipertiroid, kondisi tubuh akan mengalami penurunan berat badan. Sementara banyak wanita dapat melihat penurunan berat badan sebagai hal yang baik, para ahli mengatakan hal itu perlu mendapatkan perawatan, terlepas dari jenis fluktuasi berat yang Anda perhatikan.

  • Anda merasa sedih.
Hipotiroidisme dikaitkan dengan kesulitan berkonsentrasi atau depresi. Sementara pada Hipertiroidisme kondisi ini dapat menyebabkan kecemasan. Kedua gangguan dapat membuat Anda merasa tidak terkendali secara mental dan emosional. Jadi penting untuk mencari perawatan kesehatan mental, bersama dengan perawatan medis.

Demikianlah selengkapnya mengenai Tanda-tanda Tiroid Anda Sedang Bermasalah. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda. Salam :)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top