Pengertian penyakit Kelenjar Getah Bening, Gejala, Penyebab, Tips Mencegah dan Cara Mengobati Secara Alami Dengan Ramuan Jamu Herbal.

Tuesday, March 5, 2019

Gangguan Tiroid Bisa Dimulai Dari Sering Pusing Dan Lemas

Gejala pusing dan lemas sering kali dianggap gejala yang ringan, dan tidak mendapatkan penanganan karena dirasa merupakan tanda-tanda dari kelelahan biasa. Namun ternyata, merasa pusing dan lemas juga bisa menjadi tanda atau gejala dari adanya gangguan tiroid.

Kelenjar tiroid di dalam tubuh kita, letaknya berada di daerah leher, menyerupai kupu-kupu dan menghasilkan hormon tiroid. Tidak banyak yang tahu jika hormon ini memiliki peran yang esensial dalam tubuh manusia. Kelenjar tiroid fungsinya mengatur banyak proses dalam tubuh seperti proses bernapas, detak jantung, kontrol berat badan, suhu tubuh, serta metabolisme kolesterol. Tidak heran jika gangguan di kelenjar tiroid akan menimbulkan banyak masalah pula di tubuh.

Gangguan Tiroid Bisa Dimulai Dari Sering Pusing Dan Lemas

Gangguan Tiroid Bisa Dimulai Dari Sering Pusing Dan Lemas


Umumnya, terdapat dua masalah yang dapat terjadi pada kelenjar tiroid. Pertama adalah kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah banyak (Hipertiroid). Kedua, kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah lebih sedikit (Hipotiroid).

Keduanya bisa terjadi akibat ada peradangan pada kelenjar tiroid, benjolan, hingga keganasan (kanker). Hipertiroid ditandai dengan merasakan dada yang terasa berdebar, penurunan berat badan, serta gangguan menstruasi. Gejala tersebut muncul akibat aktivitas hormon tiroid yang berlebihan. Sedangkan gejala Hipotiroid antara lain sering merasa lemas dan mudah lelah, sering mengantuk, kulit kering, tidak tahan pada suhu dingin, serta peningkatan berat badan. Gejala-gejala tersebut terjadi karena aktivitas hormon tiroid yang menurun.

Jika Anda memang sering mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid. Umumnya kondisi tersebut harus diperiksa yaitu TSH (thyroid stimulating hormone), T4, dan T3. Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat untuk pengobatan yang dilakukan sehingga gangguan tiroid tidak terus menerus mengganggu aktivitas Anda. 

Dengan sedikit informasi di atas, semoga bisa membantu Anda dapat lebih waspada jika sering mengalami pusing dan lemas. Ingat, gangguan tiroid masih bisa dideteksi lebih cepat akan lebih mudah dikendalikan. Semoga bermanfaat, salam :)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top